BISNIS
PLAN
Nama Perusahaan
: HIJABQ
Bidang usaha
: Produk Barang
Jenis produk : Kerudung Lukis
Alamat Perusahan :
Timur Majid Telang
Nomer telepon
: 0858522xxxxx
1.1 1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, kebudayaan
berkerudung semakin meluas terutama di daerah Jawa Timur. Banyak
sekolah-sekolah yang mewajibkan siswinya berkerudung, dan tidak sedikit pula di
dunua pendidikan mengajarkan berkerung yang benar, karena berkerudung merupakan
anjuran agama serta menutup aurat terutama bagi pemeluk agama islam, namun pada
saat ini kerudung bukan di jadikan sebagai penutup aurat lagi melainkan sudah
menjadi tren center mode di dunia fashion.
berkerudung justru
membuat wanita terlihat semakin cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan
dengan memodifikasi kerudung yang dikenakan menjadi berbagai model dan
diserasikan dengan busana yang dikenakan. Berkerudung terkadang juga
menimbulkan berbagai kesan seperti panas, ribet dan membatasi gerak. Namun jika
dilihat dari sisi baiknya, berkerudung membuat wanita semakin terlihat cantik,
sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya. Untuk itu, untuk membuat
wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan membuang kesan buruk tentang
berkerudung, kami menawarkan produk yaitu kerudung lukis. kerudung lukis kami
menyediakan berbagai pilihan kerudung dengan bahan dasar kain paris dan telah
dipasangkan dengan iket atau dalaman kerudung dan aksesoris tren kerudung.
1.2 1.2. Penjelasan Produk
Cara membuat kerudung lukis ini suli
– sulit gampang karena dala pembuatannya membutuhkan ketelitian yang ekstra,
dan kesabaran dari produsen karena pembuatannya sangat rumit, Untuk membuat hiasan
kerudung ini, kami cukup menyediakan krudung paris polos, kain perca yang
berwarna-warni, beraneka ragam warna benang sulam, dan iket atau dalaman
kerudung. Krudung paris di lukis dengan menggunakan kain perca dan benang
sulam, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari. Dalaman
krudung atau iket bisa dibuat dari kain perca itu sendiri ataupun dari kain
iket yang kemudian dihiasi kain perca dan benang sulam, sama hal nya dengan
krudung paris. Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan warna
kerudung dan iket yang di gunakan.
1.3 1.3. Latar Belakang Bisnis
Berkerudung adalah
kewajiban bagi para muslim,dan kerudung mereupakan alat untuk menutupi aurat,
sehingga perilaku berkerudung perlu di tingkatkan, dari itulah kami mempunyai
inisiatif untuk membuat produk ini agar berkerung tidak monoton sehingga
perilaku berkerudung mengikuti tren dan semakin banyak peminatnya, sehingga
anak- anak remaja tidak malu untuk berkerudung karena kerudung yang mereka
gunakan suadah mengikuti trend fashion sekarang.
1.4 1.3. Tujuan
1 Tujuan Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b. Membudayakan kebiasaan berjilbab di kalangan muslimah
c. membuat produk yang mengikuti trend berkerung masa kini
2 Tujuan Khusus
a.
Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup
aurat.
1.5 1.4. Potensi Bisnis
Usaha ini mempunyai peluang yang sangat
menjanjikan di samping bakan dan pembuatannya di katakan terjangkau,sedewasa
ini perilaku berkerung sangat marak di kalangan dewasa sampai anak-anak,Dan diantara mereka
terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu saja. Tidak seperti
tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang mereka merasa malu
untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak
percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab modis seperti
ini,yang di padukan dengan pernak-pernik modern maka peminat untuk
mengguakannnya pun sangat antusias.
PERENCANAAN
BISNIS
2.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah
seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah memggunakan jilbab
maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas
penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami
menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain
itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap
melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
2.2 Pembiayaan
2.2.1 Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat
tahunan karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di
bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jarum jahit
|
10 pak
|
Rp. 3.000
|
Rp. 30.000
|
2
|
Jarum sulam
|
10 pak
|
Rp. 2000
|
Rp. 20.000
|
3
|
Gunting
|
4 buah
|
Rp. 15.000
|
Rp. 60.000
|
4
|
Alat sulam
|
4 buah
|
Rp. 30.000
|
Rp. 120.000
|
TOTAL
|
Rp. 230.000
|
2.2.2 Biaya Variabel (Variable cost) - Per Bulan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jilbab paris
|
150 lbr
|
Rp. 10.000
|
Rp. 1.500.000
|
2
|
Iket
|
150 lbr
|
Rp. 7.000
|
Rp. 1.050.000
|
3
|
Benang Sulam
|
5 pak
|
Rp. 15.000
|
Rp. 75.000
|
4
|
Kain Perca
|
1 karung
|
Rp. 60.000
|
Rp. 60.000
|
5
|
Album tutorial
|
150
|
Rp. 2.500
|
Rp. 375.000
|
6
|
Plastik Kemasan
|
2 pak
|
Rp. 5000
|
Rp. 10.000
|
7
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 3.120.000
|
2.2.3 Biaya total
Biaya
total = Variable cost + Fixed
cost
= Rp. 3.120.000 +
Rp. 230.000
= Rp. 3.350.000
2.2.4 Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang
dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 230.000 :
12 bulan = Rp. 20.000
Total biaya
produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 20.000 +
Rp 3.120.000 = Rp 3.350.000
Biaya per unit adalah Total biaya
produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan
3.350.000 : 150 buah = 22.333333
Harga jual per unit Rp 35.000
2.2.5 Modal Awal
Modal
awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel selama 1 Bulan
=
Rp 320.000 + Rp 3.350.000
=
Rp 3.670.000
2.2.6 Analisis
Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total
biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
= 3.350.000 : 150 buah = 22.33333
Harga jual per unit Rp 35.000
BEP produksi = Total
biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
= Rp 3.350.000 : 30.000 = 95 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka
dalam 1 set hijab lukis yang harus terjual adalah 95 dengan harga per
produk adalah Rp 35.000
2.2.7 Analisis
Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis yang terjual x harga jual = 150 x Rp 35.000
= Rp. 5.250.000
Total biaya produksi dalam 1 bulan : Rp. 5.250.000
Keuntungan =Pendapatan
–Total biaya produksi
= Rp 5.250.000 – Rp 3.350.000
=
Rp 1.900.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan
menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp
35.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 1.900.000
2.2.8 Pengembalian
Modal
Total biaya
Produksi : Laba usaha = Rp 5.250.000 :
Rp 1.900.000
= 2,76 bulan
(78 hari)
Catatan : - Dalam 1 bulan
diproduksi 150 buah hijab lukis
kerudung lukis yang harus dijual per hari = 150 : 30 hari
= 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period = BEP Produksi :
Penjualan per hari
= 95 : 5
= 19 hari
Jadi modal akan
kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap harinya.
REAL BUSINESS
PLAN
3.1 Rencana
Manajemen
1. Strategi pemasaran
Telah banyak jenis
kerudung yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar,toko
dsb. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih
banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan
dengan busana yang sesuai. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang
keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran.
Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan produk
jilbab lukis memang
telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan
motif yang berbeda dan tampak lebih elegan serta lebih manis dengan bahan-bahan
sulam. Selain itu kami juga menyediakan jasa konsultasi tata cara memakai
jilbab sehingga terlihat lebih menarik, anggun dan sesuai dengan busana yang
dikenakan. Kami juga menyediakan berbagai macam dalaman jilbab yang sesuai
dengan bentuk kepala.
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di tempat yang mayoritas orangnya
adalah muslimah. Contohnya di kampus TRUNOJOYO MADURA yang memiliki banyak
mahasiswi muslim yang berkerudung. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok
kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi. Promosi dilakukan dengan media
stand. jilbab lukis juga bisa dititipkan di berbagai pusat perbelanjaan seperti
toko,pasar dsb, sehingga cakupan konsumennya lebih luas.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan
bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan
keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah
media baik elektronik, cetak, maupun promosi langsung dari mulut ke mulut.
Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop
di berbagai jaringan sosial yang kini
marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat
pamflet,. Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi
langsung kelompok-kelompok muslimah seperti di kampus,dan arisan.
d. Penjualan kolektif
Yaitu memberikan
pilihan kepada konsumen dengan menjual lebih dari satu produk dengan harga yang
lebih miring bila dikalkulasi per produknya. Pembelian dengan harga yang miring
ini minimal untuk 6 atau setengah lusin produk jilbab lukis kami.
2. Strategi produksi
Kami memproduksi
jilbab sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan. Tetapi kami juga memberikan
pilihan kepada konsumen untuk memilih sendiri motif dan bahannya. Motif dan
model yang kami tawarkan tentunya sudah menjadi kesepakatan perusahaan dan
memenuhi kriteria jilbab islam serta merupakan trend jilbab masa kini. Kami
juga tidak mencontoh motif yang sudah ada. Tetapi berusaha menciptakan suatu
pembaharuan di dunia perjilbapan. Proses produksi kami tidak dilakukan
sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu senggang.
3. Strategi organisasi dan SDM
Pengelolaan SDM
merupakan hal yang karus dilakukan suatu perusahaan sehingga produktivitas
dapat semakin berkembang dan kualitas karyawan pun semakin baik. Tahap-tahap
pengembangan SDM tersebut antara lain:
a. Seleksi karyawan
Kami melakukan seleksi
terhadap karyawan sesuai dengan bidangnya. Contohnya di bidang produksi jilbab,
kami memilih karyawan yang memiliki keterampilan dan keuletan dalam menjahit
dan menyulam. Untuk bagian konsultan, kami memilih orang yang mengerti fashion
dan memiliki pemikiran yang sesuai dengan yang kami inginkan. Sehingga tidak
merusak tatanan, atay style perusahaan kami. Di bagian
pemasaran kami memilih orang yang dapat berkomunikasi dengan baik di
masyarakat. Dapat menyampaikan maksud dan tujuan kami dengan baik pada kelompok
masyarakat sehingga tidak terjadi kesalah pahaman tentang makna jilbab itu
sendiri.
b. Pelatihan karyawan
Karyawan yang telah
diseleksi kemudian dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan kami membuat
hijab lukis ini. Sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran. Hal
ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan
produk kami dengan yang lain.
c. Sistem Remunerasi yang Seimbang dan Adil
Pembagian keuntungan
dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun, tidak menutup
kemungkinan kami akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki
produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.
4. Strategi penetapan harga
Harga merupakan suatu
variable yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan
level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu
seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami
sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para wanita yang cenderung menyukai barang
yang berkualitas tetapi dengan harga semurah mungkin. Harga kami sesuaikan
dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami hanya akan mengutamakan kualitas
barang. Bukan selalu mengambil keuntungan, karena kami mempunyai tujuan yaitu
membantu para wanita muslim mematuhi kewajibannya untuk menutup aurat.
5. Rencana pengembangan produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi
kami antara lain:
a. Memperluas wawasan tentang motif jilbab
b. Menemukan dan menciptakan cara dan model terbaru dalam berjilbab
c. Memperluas area promosi
d. Meningkatkan produksi
6. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu
melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko
sebagai berikut
a. Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia memiliki selera yang berbeda
satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan berjilbab. Banyak
wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka
dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya barang tidak mudah terjual
dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton
dan menurunkan kualitas produk.
c. Modal usaha
Kerudung lukis ini memang tidak memerlukan modal yang
terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif
kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya
suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.
Antisipasi kami terhadap
resiko-tersebut:
a. Produk kurang menarik minat muslimah
Setiap orang pasti memiliki persepsi
terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat
konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh.
Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga
bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga
mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Kami melakukan antisipasi dengan membuat
peta produksi. Dimana telah ditentukan barang mana yang harus diedarkan dan
haru telah ditarik kembali dari peredaran pada waktu yang telah ditentukan.
Sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen selalu melihat
barang samadan barang yang telah di tarik dari distributor kami renovasi
kmbali.
d. Modal usaha
Modal usaha adalah hal terpenting dalam
melakukan suatu biesnis. Modal awal kami peroleh dari uang pribadi anggota
pendiri usaha ini dan kurangnya dari modal awal itu kami memilah untuk meminjam
uang ke Bank. Sehingga bianya untuk melunasi ke bank pun relatif kecil sehingga
keuntungan yang di perolehpun cukup memadai.
KESIMPULAN
Berkerudung
merupakan kewajiban bagi semua muslimah maka dari itu kami mencipkan kerudung
yang modis dan trend seperti sekang ini agar pengguna kerudung tidak jenuh
dengan kerudung-kerudung yang biasa-biasa saja yang menurunkan keinginan untuk
berkerudung,Dengan adanya produk kami ini di harapkan wanita muslimah untuk
antusias dalam berkerung karena kerudung yang mereka pakai sudah mengikuti
trend-trend yang sedang berkembang di dunia fashion, maka dari itu kami
mengharapkan keritikan dan saran apabila dalam produk kami mengalami
kecacatan bahkan tidak sesuai dengan komitmen kami, karena hal tersebut dapat
meningkatkan daya produktivitas kami dalam mengembangkan produk-produk kerudung
yang baik.